Kamis, 16 Desember 2010

Tentang menonaktifkan klik kanan di blog

Temen temen pasti sering nemuin beberapa blog yang ketika kita ingin copy paste malah keluar alert, dilarang copy paste, atau apalah itu. pengen buat? no problem.

Masukin aja kode kode ini, dalam gadget blog, atau letakan saja di antara kode tag html <body> </body> dalam design - - edit HTML. pada dashboard blogspot temen temen.



<script>
var message="Maaf, Klik Kanan Saat Ini Saya Disable";
///////////////////////////////////
function clickIE4(){if (event.button==2){alert(message);return false;}}
function clickNS4(e){if (document.layers||document.getElementById&&!document.all){if (e.which==2||e.which==3){alert(message);return false;}}}
if (document.layers){document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=clickNS4;}
else if (document.all&&!document.getElementById){document.onmousedown=clickIE4;}
document.oncontextmenu=new Function("alert(message);return false")
</script>

Selesai dah... tapi sekarang mari kita bahas sedikit tentang klik kanan ini. bagi org yang awam ini masalah besar. tapi buat kite yang tiap hari bergelut dengan browser, atau utak atik program atau coding, ini masalah kecil, beberapa browser menyediakan fasilitas, mendisable javascript,misalnya mozila firefox tinggal masuk ke

tools - options - content - tinggal hapus centang di enable javascript, maka selamat tinggal right click disable....

Mungkin terkadang kita suka kesal dengan beberapa blog yang copas mentah mentah content kita, tanpa ijin. udah gitu ngga di pasang sumbernya lagi. makanya sebelkan, jadinya di disable aja. tapi sebelum di disable, sudahkah kita pertimbangkan, tentang beberapa hal ini (asumsi semua user orang awam).

1. Apakah konten kita murni punya kita tanpa mengambil dari orang lain juga? kalo iya, silahkan. kalo ngga kan ironis banget.

2. Apakah konten kita sudah begitu Indah sehingga orang lain tidak pantas untuk menjiplaknya.

3. Bagaimana kalau pengunjung setia kita datang untuk mencari referensi tugas atau apapun itu, agar dengan mudah tinggal copas aja? tentunya ketika keluar alert, "sori gan no klik kanan" tanpa ragu ragu pengunjung pergi dan takan kembali, tapi kau jangan nakal (lho kok jadi pasto?)

4. Untuk apa kita menulis sebuah Blog? apakah kita ingin berbagi dengan orang lain agar semua orang didunia ini tau apa yang kita tau? ataukah ingin menunjukan keorang lain kalau kita tau banyak hal yang mereka tidak tau, dan mereka tidak boleh beri tahu keorang lain?

tentunya ketika kita bergabung dalam sebuah forum terbuka dan mengajarkan sesuatu pada orang lain kita sudah harus siap ketika orang itu mengajarkan apa yang kita ajarkan pada dia ke orang lain. dan konsekuensinya adalah "saat orang itu dikatakan hebat, walau ilmunya dari kita kita harus bisa tersenyum, dan bangga walau hanya kita yang tahu itu adalah ilmu kita"

Saya hanya mempertimbangkan hal hal diatas sebagai referensi untuk tidak menganut no right click di blog saya yang sangat sederhana dan bisa saja ini.

Tapi bukan berarti tidak setuju kalau ada yang menganut sistem no right click ini... saya sangat setuju dengan memberantas pembajakan. maka dari itu ketika kita ingin copy paste konten orang setidaknya kita ngerti kalo semua orang ingin dihormati termasuk diri kita sendiri, paling tidak cantumkan sumber, juga biar bisa lebih akrab lagi minta ijin untuk copas, biasanya orang yang kita minta ijin untuk copas bakalan berkunjung keblog ita untuk melihat apakah kita memberikan backlink untuk sumbernya atau tidak, atau paling tidak dia ingin melihat konten nya nemplok di blog orang, kan lumayan nambah nambah temen dan traffic... :) nah tau copyscape kan? itu loh yang ngelindungin konten blog kita, jadi ketahuan siapa yang ngopy... logonya mirip kayak dibawah ini loh, tapi tulisannya beda.... heheheheh

salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar