Kamis, 16 Desember 2010

CARA PRINT APLIKASI MICROSOFT WORD 2007

Cara print pada aplikasi Microsoft Word 2007 dapat dilakukan dengan mengklik menu Print yang berada padaMenu Office Button (berada pada Kanan Atas) lalu klik Print atau dengan menggunakan tombol shortcut Ctrl +P.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dari kotak dialog print yang telah muncul. Yang pertama adalah pada kotak pilihan Printerterdapat Name, Status, Type, Where dan Comment. Dari kotak pilihan ini, Name yang harus selalu diperhatikan dimana Name ini adalah jenis printer yang akan kita gunakan. Tentunya kita memilih jenis printer yang akan kita gunakan untuk mencetak. Untuk penggunaan PC yang menggunakan 1 printer hal ini tidak menjadi masalah, karena atomatis print yang pernah atau sering kita gunakan biasanya atomatis berada pada kolom isian Name ini.
Kadang masalah untuk kolom isian Name ini terjadi saat kita mengganti printer kita dengan jenis yang berbeda dan kita tidak meng-uninstall program untuk jenis printer yang sebelumnya. Tapi hal ini dapat dengan mudah diketahui, karena setelah mengeksekusi perintah print dengan mengklik OK tentunya akan ada peringatan bahwa Printer sedang Offline.  Atau biasanya kolom isian Name ini perlu diperhatikan saat kita ke warnet, dimana kita dapat melakukan perintah Print dari PC yang kita gunakan dan hasil cetakan tentunya di meja operator warnet. Biasanya yang muncul pada kolom isian Name ini adalah jenis printer yang default yaitu Send To Onenote 2007, jadinya perintah print kita akan gagal.
Yang perlu diperhatikan yang kedua adalah Page Range. Pada kotak pilihan Page Range terdapat All, Current Page dan Pages.Pilihan All dipilih apabila kita ingin mencetak semua dokumen.Current Page kita pilih apabila kita ingin mencetak satu lembar halaman yang biasanya terlihat di layar monitor tetapi sebenarnya hasil pilihan ini adalah kita mencetak lembar dokumen dimana kursor berada. Pilihan Pages apabila kita ingin mencetak dokumen berdasarkan halamannya yang biasanya terpisah-pisah, jadi tidak keseluruhan halaman dokumen.
Sekali lagi walaupun sudah dibahas pada postingan sebelumnya, saya pribadi lebih suka memilih kolom isian Pages. Apabila saya ingin mencetak seluruh halaman dokumen, saya lebih memilih kolom isian Pages ini dibanding All karena saya sering mencetak dokumen yang halamannya banyak, jadi pada kolom isian Pages, urutan halamannya saya balik. Misal saya ingin mencetak dokumen yang jumlah halamannya 50 halaman, maka pada kolom isian Pages saya isi dengan 50-1 (halaman 50 sampai halaman 1). Walaupun hasil print sama, tetapi cara ini lebih mengefektifkan waktu karena kita tidak perlu lagi mensortir hasil cetakan kita berdasarkan halamannya
Untuk Kotak Pilihan lain yang berada pada menu Print ini, pada postingan selanjutnya. Semoga postingan cara print Aplikasi Microsoft Word yang pertama ini bermanfaat. Saya tunggu sharingnya di kolom komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar