Kamis, 16 Desember 2010

WEB DAN BLOG SEBAGAI REFERENSI DALAM PENULISAN KARYA ILMIAH

Sebulan yang lalu, keponakan saya menyusun skripsi S1-nya pada salah satu Universitas Swasta di Makassar Fakultas Sosial Politik Jurusan Ilmu Komunikasi. Skripsi yang dibuat berhubungan dengan sosial media online yaitufacebook. Yang menarik adalah pada bagian daftar pustaka, terdapat beberapa sumber rujukan penulisan yang diambil dari internet (referensi online) yaitu berupa web dan blog.
Saya coba-coba mengunjungi blog yang terdapat dalam daftar pustaka skripsi keponakan saya tersebut, sayangnya blog tersebut sudah lama tidak update. Tetapi kenapa dijadikan sumber referensi, karena dalam blog tersebut terdapat arti dari istilah-istilah yang ada di internet. Karena penasaran saya coba searching dengan kata kunci judul skripsi keponakan saya, dan saya pilih blog, lagi-lagi saya kurang puas karena posting blog yang saya kunjungi sangat formal (postingannya berisi tugas-tugas kuliah yang lengkap dari pendahuluan sampai penutup).
Pertanyaan saya apakah untuk dijadikan sebagai sumber referensi online dalam penulisan karya ilmiah, postingan blog kita harus bersifat formal (minimal terdapat arti dari istilah-istilah tertentu yang juga dikutip dari buku atau referensi lain)?.  Mohon maaf untuk pertanyaan ini, saya tidak punya jawaban. Silahkan pembaca berbagi di kolom komentar dan bila punya pengalaman bisa disharing khususnya tentang penulisan karya ilmiah.
Buat saya, apabila blog kita bisa ada dalam daftar pustaka suatu karya ilmiah (skripsi, tesis dan disertasi), artinya blog kita punya nilai lebih (entah dari optimasi SEO, isi blog atau lain-lainnya), dan tentunya selain karena sudah bisa membantu sipembuat karya ilmiah, juga nama blog kita mungkin akan dilihat bahkan dikunjungi oleh anak, cucu atau cicit sipembuat karya ilmiah karena menemukan karya tulis ayah/ibu, kakek/neneknya ada dalam lemari buku yang tersimpan dengan rapi.
Kecil kemungkinan, tapi ada,,,, sama saat saya membaca berita ini.
n.b. Judul skripsi keponakan saya, “Peranan Facebook Sebagai Media Komunikasi dalam Membina Komunikasi Interpersonal di Kota Makassar”. Postingan ini juga sebagai ucapan selamat karena saat dibuatnya postingan ini keponakan saya tersebut telah berhasil mempertahankan skripsinya dihadapan penguji (ujian meja).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar